Teliti dan Pahami Aturan Kredit Mobil Second Sebelum Membeli

mobil dengan bunga nol persen

Kredit mobil merupakan suatu produk finansial yang terbukti mampu memberikan kemudahan bagi setiap orang yang ingin membeli kendaraan roda empat tersebut. Ditawarkannya sistem pembelian mobil melalui skema kredit ini, memberikan peluang bagi masyarakat yang belum memiliki uang tunai untuk membelinya secara cash. Tidak hanya untuk unit yang baru, kredit mobil dengan bunga nol persen pun kini sudah banyak ditawarkan untuk pilihan harga yang lebih ringan. Hal ini dikarenakan mobil bukanlah produk investasi, jadi harganya akan selalu turun ketika sudah bekas pakai.

Tertarik dengan kredit mobil bekas? Sebelum Anda mengajukan permohonan kredit mobil tersebut, ada baiknya Anda pahami dulu beberapa poin berikut ini.

1. Cek Kondisi Mobil

Ketika Anda berencana untuk membeli mobil bekas melalui cara kredit, ada banyak hal yang perlu Anda teliti terlebih dahulu. Salah satunya adalah pengecekan kondisi mobil dan sejarah mobil tersebut. Tanyakanlah secara mendetail tentang mobil yang Akan Anda beli untuk menghindari berbagai kerugian yang mungkin akan muncul di kemudian hari.

Usahakan untuk tidak memilih mobil yang pernah mengalami kecelakaan atau tabrakan hebat, odometernya bisa diatur ulang dan mobil yang pernah terendam banjir. Tanyakan juga apakah mobil tersebut bekas jadi mobil sewaan atau mobil sitaan perusahaan leasing apa bukan. Cek juga kondisi mesin dan berbagai aspek lainnya. Anda bisa meminta bantuan teman/kerabat atau menyewa montir untuk mengeceknya.

2. Periksa Catatan Servis Kendaraan

Anda tentunya sudah mengetahui jika mobil yang sering dirawat melalui servis rutinan dengan rajin pastinya akan memiliki performa yang jauh lebih baik. Salah satu cara untuk mengetahui hal tersebut adalah melalui pemeriksaan catatan servis kendaraan dari pemilik mobil itu sendiri. Biasanya ketika melakukan servis, maka bengkel yang melakukannya akan menuliskan sebuah catatan servis berkala dan memberikan keterangan seputar komponen apa saja yang pernah diganti. Dengan demikian Anda bisa menilai sendiri performa dari mobil bekas tersebut.

Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, sebelum mengajukan kredit mobil second alangkah baiknya memilih jenis mobil yang rutin diservis. Jika suatu pihak bengkel pernah mengganti komponen mobil yang akan Anda beli, usahakan diganti dengan komponen original.

3. Ketahui Persyaratan Pengajuan Kredit Mobil Bekas

Umumnya, hanya ada sedikit perbedaan persyaratan antara pembelian mobil bekas dengan yang baru melalui skema kredit. Syarat umum untuk pengajuan permohonan kredit mobil di CekAja.com tergolong sangat mudah sekali. Yakni, pemohon wajib Warga Negara Indonesia (WNI) & berdomisili di Indonesia, minimum umur 21 tahun & maksimum 55 tahun (pada saat kredit lunas) dan memiliki pekerjaan & penghasilan tetap per bulan dengan jumlah penghasilan minimal Rp 2,5 juta (berbeda untuk di luar Jabodetabek).

Lengkapi juga berbagai persyaratan berkas atau dokumen sebagai pendukung pengajuan permohonan kredit. Seperti slip gaji/fotokopi keterangan penghasilan, kartu identitas (KTP/SIM/Paspor), fotokopi Pajak Bumi Bangunan (PBB), fotokopi rekening Koran selama 3 bulan terakhir (untuk pengusaha), tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (untuk yang memilikinya), fotokopi keterangan izin praktik (untuk profesional), fotokopi akte pendirian perusahaan (TDP) & SIUP (khusus untuk pengusaha), fotokopi NPWP, TDP, SIUP dan syarat lainnya, terakhir surat–surat kendaraan khusus untuk pembelian kendaraan bekas.

Untuk informasi lebih lengkap seputar mobil dengan bunga nol persen, Anda bisa langsung mengunjunginya disini https://www.cekaja.com/info/mau-mobil-bunga-0-persen-yuk-ke-iims-2019/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *