Lebih Untung Kredit Mobil Second di Leasing atau Dealer?

Cara Mengetahui Harga Kredit Mobil Second yang Pas dengan Kondisi Keuangan

Tingkat keinginan masyarakat untuk memiliki mobil pribadi memang sangat tinggi, ditunjang dengan kebutuhan sehari-hari yang tidak lepas dari bepergian. Memiliki mobil pribadi dirasa lebih efisien dibanding naik kendaraan umum. Hal tersebut menjadi faktor pendorong setiap orang berusaha mendapatkan mobil idaman mereka. Salah satu cara yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk mendapat mobil idaman adalah dengan melakukan kredit mobil second. Kredit mobil second bisa dilakukan melalui leasing ataupun dealer. Lantas mana yang lebih nyaman melakukan kredit mobil second di leasing atau di dealer? Simak beberapa perbedaan Leasing dan dealer berikut.

Kelebihan Kredit Mobil Second di Leasing

  1. Uang muka yang ditawarkan lebih murah dan cenderung fleksibel. Anda dapat menentukan dan menghitung uang muka sebelum melakukan kredit mobil second. Tapi sebagai pertimbangan, semakin kecil Anda membayar uang muka maka semakin besar beban cicilan yang harus Anda bayarkan.
  2. Masa tenor cicilan lebih panjang. Selain itu Anda juga dapat memilih tenor sesuai dengan kemampuan. Namun yang perlu diingat, semakin lama tenor yang diambil maka semakin besar bunga yang dibebankan
  3. Jumlah cicilan dapat disesuaikan dengan kemampuan pembayaran Anda. Namun tidak disarankan mengambil cicilan yang terlalu rendah. Semakin kecil cicilan maka semakin lama pula jangka waktu angsuran yang mengakibatkan semakin besarnya bunga yang ditanggung.

Kelemahan Kredit Mobil Second di Leasing

  1. Suku bunga leasing cukup tinggi
  2. Terdapat selisih harga yang lumayan besar. Beberapa ada yang bisa mencapai dua kali harga mobil yang dibeli dengan lunas.

Selain Leasing, tempat yang juga banyak diminati untuk melakukan kredit mobil second adalah dealer. Jika Anda berniat melakukan kredit mobil second di dealer maka simak beberapa kelebihan dan kelemahan dealer.

Kelebihan Kredit Mobil Second di Dealer

  1. Selisih harga antara mobil beli dan mobil kredit tidak jauh berbeda. Dimana hal ini sangat berbanding terbalik dengan leasing

Kelemahan Kredit Mobil Second di Dealer

  1. Jumlah uang muka yang harus dibayarkan relatif besar dan tidak fleksibel sehingga memberatkan Anda.
  2. Prosedur dan persyaratan pengajuan kredit cenderung lama dan rumit.
  3. Tidak semua jenis mobil second dapat dikredit di dealer karena hanya tipe-tipe mobil second tertentu saja yang mereka punya dan tawarkan.

Demikian perbedaan melakukan kredit mobil second di leasing dan dealer yang dapat menjadi pertimbangan Anda menentukan tempat kredit mobil terbaik. Atau kunjungi website CekAja.com atau https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor sebelum melakukan kredit mobil guna membantu menentukan simulasi kredit mobil second.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *