Lebih Baik Beli Mobil Pakai KTA atau Leasing?

Dewasa ini, tuntutan mobilitas yang tinggi secara tidak langsung memaksa kita untuk semakin intens menggunakan alat transportasi, baik darat, laut, maupun udara. Salah satu alat transportasi darat yang semakin digandrungi ialah kendaraan roda empat atau biasa disebut mobil. Selain dapat memenuhi kebutuhan mobilitas, semakin kesini harga yang dipatok untuk satu buah mobil semakin terjangkau oleh berbagai lapisan ekonomi.

Apalagi dengan adanya kemudahan seperti fasilitas leasing dan pinjaman tanpa jaminan. Mobil dipilih karena banyak yang merasa lebih cocok untuk perjalanan yang lebih jauh dan cenderung lebih nyaman jika dibandingkan dengan angkutan umum. Anda dapat membelinya dengan cara membayar secara tunai (cash) maupun dengan cara kredit. Cara yang terakhir inilah yang banyak dipilih masyarakat.

Karena dengan cara ini, Anda tidak perlu menabung terlalu lama untuk membeli sebuah mobil. Cukup membayar uang muka dan cicilan pertama, maka mobil akan berpindah tangan ke tanganmu. Tren kredit juga semakin meningkat, dengan adanya kemudahan-kemudahan yang ditawarkan seperti diskon uang muka, potongan cicilan, cashback, dan masih banyak lainnya.

Buat Anda yang berencana untuk membeli mobil, seringkali dibingungkan dengan cara kredit mana yang paling mudah dan ringan. Metode yang paling umum adalah dengan jenis leasing dan kredit tanpa agunan. Ayo, pilih yang mana ya? Daripada bingung, lebih baik Anda simak ulasannya berikut ini. 

Membeli Mobil Secara Kredit Lewat Fasilitas Leasing

Cara ini menjadi pilihan banyak masyarakat yang mendambakan kehadiran mobil lewat pembayaran kredit. Fasilitas leasing ini umumnya disediakan, baik oleh pihak dealer mobil yang punya divisi leasing maupun lembaga-lembaga diluar dealer, seperti bank dan lain-lain.

Kelebihan dari metode leasing ialah :

  1. Mendapatkan layanan terbaik
  2. Semua kebutuhan dan kegiatan pendataan akan diurus pihak leasing
  3. Proses cepat dan mudah
  4. Tenor waktu lebih panjang

Kelemahan dari metode leasing ialah :

  1. Biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih tinggi dibandingkan metode lainnya
  2. Kewajiban pembayaran yang lebih rumit
  3. Bunga yang dipatok lebih besar
  4. Mewajibkan menggunakan asuransi (TLO atau All Risk)

Membeli Mobil Secara Kredit Lewat Fasilitas KTA

Pada dasarnya kredit tanpa agunan (KTA) tidak diciptakan khusus untuk pembelian mobil secara kredit. Namun, cara ini bisa kita pakai untuk mewujudkan mobil impian. KTA ini disediakan oleh bank maupun lembaga-lembaga keuangan tersendiri.

Kelebihan dari metode KTA ialah :

  1. Suku bunga yang ditawarkan lebih rendah
  2. Dapat melunasi sebagian hutang
  3. Surat-surat mobil seperti PBKP tidak ditahan
  4. Syarat-syarat cenderung mudah

Kelemahan dari metode KTA ialah :

  1. Jumlah pinjaman yang terbatas
  2. Anda harus mengurus sendiri segala prosesnya
  3. Proses yang lebih lama dibandingkan leasing
  4. Tenor waktu yang cukup singkat

Lalu, masih bingung mau pilih metode yang mana? Pilihan tetap jatuh di tangan Anda. Kalau ingin lebih mudah tanpa bertele-tele, ambil lah metode pembayaran dari leasing, sedangkan jika ingin bunga yang lebih ringan, maka ambil cara pembayaran lewat KTA. Untuk yang ingin mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan yang mudah dan cepat, kita dapat mengunjungi laman situs https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/ . Terdapat info lengkapnya seputar pengajuan pinjaman bebas ribet. Sudahkah Anda mencobanya?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *