Kiat Praktis agar Ibu Hamil Nyaman dan Sehat saat Naik Kereta Api

Kiat Praktis agar Ibu Hamil Nyaman dan Sehat saat Naik Kereta Api

Moda transportasi kereta api memang masih menjadi pilihan sebagian besar masyarakat tanah air. Hal tersebut turut didukung oleh loyalty program dari PT.KAI yang menyiapkan tiket gratis kereta api bagi penumpang yang beruntung. Sudah pasti hal tersebut turut mempengaruhi minat masyarakat terhadap kereta api.

Bila Anda sedang hamil, Anda tak perlu ragu menempuh perjalanan jauh dengan kereta api. Simak dulu ulasan kiat-kiat ini sebelum bepergian dengan kereta api:

Durasi Perjalanan Tidak Terlalu Lama

Ibu hamil memang tidak boleh duduk terlalu lama. Durasi duduk yang terlalu lama harus diimbangi dengan aktivitas fisik ringan dan istirahat dengan cara berbaring. Itulah sebabnya ibu hamil disarankan tidak naik kereta api dengan durasi perjalanan lebih dari enam jam. Supaya ibu hamil tetap sehat dan fit ketika sampai di tempat tujuan.

Menggunakan Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman

Jangan mengabaikan pemilihan pakaian dan alas kaki ibu hamil saat naik kereta api. Ibu hamil harus menggunakan pakaian yang longgar, elastis, dan bahannya mudah menyerap keringat. Sedangkan pilihan alas kakinya harus lentur, tidak licin, dan haknya tidak tinggi. Pakaian dan alas kaki yang tepat akan mendukung kenyamanan ibu hamil selama perjalanan berlangsung. Sehingga ibu hamil tetap rileks dan nyaman meskipun berjam-jam berada di kereta api.

Memilih Posisi Tubuh yang Tepat

Bila Anda sudah lelah duduk di kereta api, Anda bisa meluruskan kaki atau berjalan-jalan sejenak saat kereta berhenti. Berjalan kaki sebentar akan membantu memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga risiko kaki bengkak, pegal, dan gangguan kesehatan lainnya dapat diminimalkan.

Membawa Air Minum dan Makanan

Asupan gizi dan air untuk ibu hamil juga harus diperhatikan dengan baik. Oleh sebab itu, Anda wajib membawa bekal air minum dan makanan dalam jumlah mencukupi. Minumlah air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Anda juga patut menyantap makanan berupa hidangan berat, buah-buahan, atau camilan. Supaya Anda tidak lemas dan tetap bertenaga selama menempuh perjalanan dengan kereta api.

Jangan Membawa Barang-Barang Berat

Barang bawaan yang terlalu berat jelas akan menyulitkan ibu hamil ketika naik kereta api. Apalagi bila ibu hamil sedang bepergian sendirian. Walaupun terpaksa membawa barang bawaan berat, Anda wajib menyewa jasa porter untuk membantu membawa barang-barang tersebut. Jangan sampai Anda mengalami cedera atau kecelakaan akibat barang-barang bawaan yang terlalu banyak.

Kehamilan bukanlah halangan untuk beraktivitas dan menempuh perjalanan dengan kereta api. Jika Anda sudah pernah melakukannya, Anda tentu akan merasa terbiasa dan menikmati perjalanan tersebut hingga tiba di tempat tujuan.

Untuk informasi selengkapnya mengenai tiket mudik gratis, dapat mengunjungi link https://www.cekaja.com/info/pt-kai-bagikan-2-500-tiket-mudik-gratis-cek-cara-dapetinnya-disini/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *