Kiat Efektif Mengendarai Motor secara Aman saat Musim Hujan

Musim hujan menjadi salah satu musuh utama bagi para pengendara motor. Jumlah pengendara motor yang di tilang pun tak berkurang pada saat musim hujan. Walaupun proses cek denda dan bayar tilang yang semakin praktis, hal tersebut bukanlah suatu alasan untuk mengabaikan tilang. Justru Anda harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas selama berkendara, terutama saat musim hujan yang kerap menyebabkan risiko kecelakaan meningkat.

Demi menjaga keselamatan saat mengendarai motor di musim hujan, sebaiknya Anda mencermati beberapa kiat efektif berikut ini:

Mengganti Ban Motor secara Teratur

Ban motor yang sudah gundul dan tipis sangat membahayakan pengendara motor. Apalagi bila harus mengendarai motor di musim hujan. Kondisi ban motor tersebut membuat Anda rentan mengalami kecelakaan. Sebaiknya Anda mengganti ban motor secara teratur. Jangan lupa mengecek kondisi ban motor pada musim hujan, agar Anda bisa segera memperbaiki atau menggantinya sebelum berkendara.

Memilih Jas Hujan yang Tepat

Jas hujan yang terlalu lebar bisa membahayakan Anda saat mengendarai motor. Karena jas hujan tersebut rentan terlilit di ban motor atau menutupi lampu motor. Alangkah lebih baik jika Anda memilih jas hujan model setelan yang ukurannya pas dengan tubuh, maka Anda pun tetap leluasa bergerak sewaktu berkendara di tengah hujan.

Memeriksa Lampu Motor

Lampu motor juga menjadi komponen yang wajib Anda perhatikan saat musim hujan. Karena lampu motor berfungsi sebagai penanda jarak dengan kendaraan lain. Jangan biarkan lampu motor Anda rusak terlalu lama. Karena musim hujan sering membuat suasana jalan jadi lebih gelap dan berkabut. Anda patut menyalakan lampu motor setiap kali berkendara. Supaya risiko kecelakaan beruntun dapat diminimalkan.

Jangan Melewati Genangan Air yang Tinggi

Motor Anda masih bisa melewati genangan air yang tidak terlalu tinggi. Namun, Anda juga harus menyadari batas kemampuan motor Anda. Jangan sampai motor Anda mogok di tengah genangan air yang tinggi akibat memaksakan diri. Air banjir yang masuk ke mesin motor bisa menyebabkan kerusakan serius hingga mesin motor tak bisa dinyalakan.

Usahakan untuk Tidak Berteduh di Sembarang Tempat

Ketika tiba-tiba hujan, sebaiknya Anda tidak berteduh di sembarang tempat. Banyak pengendara motor berteduh di dalam terowongan, di bawah jembatan penyeberangan, ataupun kawasan tepi jalan yang ramai. Kecerobohan tersebut malah berisiko menimbulkan kemacetan parah. Anda bisa berhenti di minimarket, kafe, atau tempat yang lebih lapang jika ingin berteduh. Maka Anda pun tidak membahayakan pengguna jalan lainnya jika berteduh di tempat yang tepat.

 

Pengalaman mengendarai motor saat hujan akan membuat Anda lebih berhati-hati. Anda pun akan sampai ke tempat tujuan dengan selamat tanpa kendala besar meskipun harus bepergian di musim hujan. Selanjutnya, jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara cek denda dan bayar tilang, Anda dapat mengunjungi laman https://www.cekaja.com/info/kena-razia-begini-cara-cek-denda-dan-bayar-tilangnya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *