Keuntungan dan Kerugian Membeli Motor dengan Over Kredit

Kebutuhan akan transportasi yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari telah menjadi bagian pemenuhan kebutuhan yang utama. Apalagi bagi masyarakat yang mata pencahariannya memang mengandalkan kendaraan, tentu mau tak mau harus memiliki kendaraan sendiri, minimal sebuah motor. Ah, tapi beli motor itu ‘kan mahal. Kata siapa? Beli motor tidak harus mahal. Ya, tapi lihat dulu jenis motornya kemudian sesuaikan dengan kemampuan. Salah satu cara untuk mendapatkan motor dengan harga terjangkau adalah melalui over kredit motor.

Bukan hanya menawarkan biaya atau harga yang terjangkau, ada berbagai jenis keuntungan yang dapat diperoleh melalui over kredit motor, yaitu:

Harga Lebih Murah

Motor yang biasa dilepas oleh pemilik kredit sebelumnya akan memiliki harga yang lebih murah. Kebanyakan orang yang melepaskan motor kreditnya dikarenakan sedang butuh uang atau ingin membeli motor yang lain. Dalam tawar menawar, pihak penjual biasanya akan meminta uang mukanya saja yang kembali sementara cicilan beberapa bulan yang sudah dibayar akan direlakan.

Masa Angsuran Lebih Pendek

Selain harga yang lebih murah, motor over kredit memiliki masa angsuran yang lebih pendek. Hal ini disebabkan pihak sebelumnya telah melakukan cicilan dan Anda tinggal meneruskan saja.

Kondisi Motor Masih Baru

Usia motor over kredit bisa dikatakan masih baru sebab masih dalam masa cicilan kredit. Tentu kondisinya pun tidak akan jauh berbeda dari pertama kali motor dimiliki. Namun Anda tetap harus meneliti kondisi motor dengan meminta pihak ketiga untuk memeriksanya jika Anda kurang paham dalam hal ini.

Masih Memiliki Masa Garansi

Motor over kredit biasanya masih memiliki garansi yang bisa digunakan. Masa garansinya masih berlaku dikarenakan usia motor over kredit masih tergolong muda.

Selain terdapat empat keuntungan seperti di atas, over kredit motor juga memiliki kerugian. Di antaranya:

Memerlukan Biaya Tambahan

Dalam proses over kredit, Anda membutuhkan biaya administrasi dan balik nama yang yang disesuaikan dengan harga kendaraan. Belum lagi motor over kredit itu berasal dari luar daerah, maka membutuhkan biaya lainnya.

Mendapatkan Motor dengan Kondisi yang Kurang Baik

Membeli motor dengan over kredit haruslah jeli dan lebih teliti dengan kondisi motor. Jangan sampai karena usia motor masih baru, lalu Anda tidak memeriksanya lagi. Sehingga Anda mendapatkan motor yang riwayat penggunaannya kurang baik dan dapat menimbulkan kerugian besar.

Begitulah keuntungan dan kerugian jika Anda membeli motor menggunakan over kredit. Untuk informasi lebih lengkap mengenai kredit motor atau pun produk finasial lainnya, silakan kunjungi https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor. Melalui CekAja.com, Anda akan mendapatkan layanan konsultasi gratis yang bisa dihubungi lewat telepon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *