Ilustrasi Perbandingan Harga Kredit Motor dan Tunai

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling diminati masyarakat, salah satunya untuk menghindari kemacetan. Kini untuk memiliki motor tak harus membelinya secara tunai saja, karena pembelian motor juga dapat dilakukan secara kredit. Harga kredit motor tentunya sedikit berbeda dengan harga motor yang dibeli secara tunai.

Membeli motor secara kredit dan tunai tentunya memiliki perbedaan tersendiri, baik dari proses pembelian maupun dari segi harga. Saat ini banyak agenĀ  dealer yang menawarkan promo untuk memudahkan masyarakat dalam membeli motor secara kredit. Bagi masyarakat yang tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli motor secara tunai, maka kredit motor merupakan solusi yang tepat untuk dicoba. Sebelum membeli motor secara kredit atau tunai, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu perbandingan harga kredit motor dan tunai.

Perbandingan Harga Kredit Motor Vs Tunai

Sebagai ilustrasi, jika ada sebuah perusahaan leasing menawarkan pilihan dengan jangka waktu pelunasan hingga 22 bulan. Berikut contoh proses pembelian motor Vario Techno 125 FI secara kredit selama 22 bulan.

  • Harga motor tunai: 14.050.000
  • Uang muka: 4.000.000
  • Angsuran per bulan: 800.000

Untuk total harga motor secara kredit dihitung dari uang muka dengan angsuran selama jangka waktu yang ditentukan.

Harga motor kredit: 4.000.000 + (800.000 x 22) = 17.600.000

Total pembayaran tersebut masih belum termasuk biaya administrasi sekitar 200.000. Jadi untuk membeli motor secara kredit, biaya yang dikeluarkan yaitu uang muka, angsuran pertama, serta biaya administrasi.

Total pembayaran: 4.000.000 + 800.000 + 200.000 = 5.000.000

Jika Anda akan membeli motor secara kredit, maka Anda hanya perlu membayar sebesar 5.000.000 saja di awal dan langsung bisa membawa pulang motor yang sudah Anda beli dengan kredit tersebut. Sedangkan jika Anda membeli motor secara tunai, maka harus menyiapkan uang sebesar harga motor aslinya yaitu 14.050.000.

Harga kredit motor dengan harga motor secara tunai tentunya berbeda karena perusahaan leasing berhak mendapat bunga dari harga motor yang telah dibeli secara kredit. Tak ada salahnya membeli motor secara kredit meskipun harganya sedikit lebih mahal. Berikut beberapa keuntungan dari membeli motor secara kredit.

Keuntungan Membeli Motor Secara Kredit

  1. Membeli motor dengan kredit akan terasa lebih ringan karena tidak perlu banyak uang tunai untuk membelinya dan hanya membayar uang muka saja.
  2. Keuangan Anda bisa diatur dengan baik
  3. Besar cicilan kredit motor bisa disesuaikan dengan penghasilan Anda per bulan
  4. Besar cicilan per bulan jumlahnya tetap sama
  5. Motor yang telah dibeli secara kredit bisa langsung dibawa pulang meskipun belum lunas tanpa harus menunggu uang terkumpul.

 

Demikian adalah ilustrasi perbandingan harga kredit motor dan tunai. Sebelum Anda menentukan apakah membeli motor secara kredit atau tunai, lebih baik disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi keuangan Anda. Website CekAja.com hadir dengan banyak solusi masalah finansial. Anda tak perlu ragu karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kunjungi website https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor sebagai pilihan kredit terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *