Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Mudik Naik Bus ke Sumatera

Mudik ke Sumatera kini semakin praktis karena banyak jalur alternatif baru yang bisa dilewati. Mungkin Anda harus menghadapi peraturan ganjil genap saat mudik di kawasan Jabodetabek, namun tidak demikian halnya kalau Anda mudik dengan bus ke Sumatera. Bus masih menjadi moda transportasi andalan di kawasan tersebut, karena biayanya ekonomis dan jangkauannya cukup luas.

Jika tahun ini Anda berencana mudik naik bus ke Sumatera, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting ini:

Memilih PO Bus yang Sudah Populer

Tidak semua Perusahaan Otobus (PO) memiliki reputasi baik selama beroperasi. Terutama untuk urusan melewati jalanan Sumatera yang terbilang menantang. Oleh sebab itu, Anda harus mencari informasi lebih banyak mengenai PO bus berkualitas yang biasa melintasi Sumatera. Meskipun harganya terbilang agak mahal, tetapi pelayanannya pasti sebanding dengan biaya yang mesti Anda keluarkan. Perjalanan mudik pun akan lebih aman sampai ke tempat tujuan.

Memprioritaskan Bus dengan Fasilitas Toilet

Jangan menganggap remeh bus yang memiliki fasilitas toilet. Fasilitas tersebut sangat penting bagi Anda yang akan mudik ke Sumatera. Pasalnya, bus yang Anda tumpangi tentu tidak bisa berhenti di rest area sesering kendaraan pribadi. Jadi, jangan sampai Anda tersiksa menahan keinginan untuk buang air kecil ataupun buang air besar selama bus melaju. Bus dengan fasilitas toilet akan membuat Anda merasa nyaman walaupun harus menghadapi kemacetan parah yang menyita waktu.

Membawa Bekal Makanan

Di jalanan Sumatera, Anda bisa menemukan warung-warung kecil yang menjajakan makanan. Namun, harga makanannya tentu tidak murah dan kualitas rasanya tidak termasuk kategori istimewa. Jadi, alangkah lebih baik bila Anda membawa bekal makanan yang jumlahnya mencukupi. Anda bisa membawa nasi dengan aneka lauk kering, biskuit, dan camilan lainnya. Pengeluaran pun akan lebih hemat kalau Anda membawa bekal makanan yang jumlahnya cukup banyak.

Siapkan Earphone untuk Mengisi Waktu

Tahukah Anda kalau bus-bus antar provinsi biasanya menyuguhkan lagu-lagu bernuansa nostalgia dalam perjalanan?

Bila Anda menyukainya, tentu hal tersebut akan sangat menghibur. Sedangkan bila Anda tidak menyukainya, Anda harus mencari alternatif lain untuk menyenangkan diri sendiri. Siapkan earphone untuk mendengarkan lagu dari smartphone atau MP3 player pribadi. Sehingga Anda tak mudah merasa bosan selama berada di perjalanan.

Pengalaman dari mudik-mudik terdahulu tentu membuat Anda banyak belajar hal-hal baru. Jadi, lakukan hal-hal penting yang mendukung keamanan dan kenyamanan Anda selama menempuh perjalanan ke Sumatera. Selamat merencanakan mudik lebaran!

Untuk mengetahui wacana pemberlakuan sistem ganjil genap saat lebaran, Anda dapat membaca info nya melalui laman https://www.cekaja.com/info/apa-jadinya-kalau-ganjil-genap-diberlakukan-saat-mudik-lebaran/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *